Pengaruh Sikap Norma Subyektif dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Makanan dan Minuman Dalam Kemasan Berlabel Halal di Supermarket Halal Mart HNI Kecamatan Medan Polonia

Febriansyah, Dira Pengaruh Sikap Norma Subyektif dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Makanan dan Minuman Dalam Kemasan Berlabel Halal di Supermarket Halal Mart HNI Kecamatan Medan Polonia.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DIRA FEBRIANSYAH.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari sikap norma
subyektif dan persepsi control perilaku terhadap niat beli di Supermarket Halal
Mart HNI Kecamatan Medan Polonia. Populasi pada penelitian ini berjumlah
77 konsumen. Jumlah sampel yang diambil juga sebanyak 77 konsumen
sebagai responden. penelitian ini menggunakan data primer berjenis data
kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner yang kemudian diolah dengan
aplikasi SPSS Versi 24. Penelitian dilakukan dari bulan November 2020
sampai Mei 2021. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dankepuasan
kerja baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai beli di Supermarket Halal Mart HNI Kecamatan
Medan Polonia. Uji Anova atau Uji F menghasilkan nilai Fhitung sebesar 47.754
sedangkan Ftabel sebesar 3,131 yang dapat dilihat pada α = 0,05 (lihat lampiran
tabel F). Probabilitas siginifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05
maka model regresi dapat dikatakan bahwa norma subjektif dan persepsi
control perilaku berpengaruh secara serempak (simultan) terhadap niat beli.
Dengan demikian hipotesis sebelumnya (Ha) diterima. Nilai thitung sebesar 5,307
sedangkan ttabel sebesar1,669 dan signifikan sebesar 0,000, sehingga
thitung5,307> ttabel 1,669 dan signifikan 0,000< 0,05, maka Ha diterima dan H0
ditolak, yang menyatakan norma subjektif berpengaruh secara parsial terhadap
niat beli konsumen. Dengan dinyatakan persepsi control perilaku berpengaruh
signifikan terhadap niat beli, nilai thitung sebesar 5,997 sedangkan ttabel sebesar
1,669 dan signifikan sebesar 0,000, sehingga thitung 5,997> ttabel 1,669 dan
signifikan 0,000< 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang menyatakan
kontrol perilaku secara parsial terhadap niat beli konsumen. Adjusted R Square
0,575 yang dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti
57,5% niat beli konsumen dapat diperoleh dan dijelaskan oleh norma subjektif
dan kontrol perilaku. Variabel yang paling dominan mempengaruhi sikap
norma subyektif adalah variabel niat beli dengan thitung terbesar yaitu 4,108.
91,1% kinerja pegawai dapat dijelaskan dan diperoleh dari norma subyektif
dan persepsi control perilaku sedangkan sisanya diperoleh dari faktor lain. Niat
beli memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap norma subyektif dan
persepsi kontrol perilaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Norma subyektif, Kontrol perilaku, Niat beli.
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email widya@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:00
Last Modified: 17 Jun 2022 08:00
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item
View Item