Ranjani, Sartika Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Penerapan E- Billing Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama medan Petisah.
SARTIKA RANJANI.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Inovasi yang luar biasa cenderung menyalurkan perubahan paling cepat
dari semua aktivitas kehidupan. Dimana masyarakat yang semakin tergantung
kepada teknologi guna sebagai kebutuhan keseharian,karna hal tersebut maka
terbentuklah e-billing yang dimana diterapkan sebagai sarana pembayaran pajak
dengan sistem elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
Pada penulisan ini berfungsi untuk mengetahui (1) tingkat kepatuhan oleh wajib
pajak badan dalam melakukan pembayaran pajak pertambahan nilai (PPN)
melalui system e-billing yang telah di terapkan pada kantor pelayana (KPP)
Pratama Medan Petisah. (2) objek dalam penulisan melalui penelitian adalah
kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Medan Petisah pada tahun periode (2017
sampai dengan 2019) terkait dengan tingkat pengaruh system e-billing pajak
pertambahan nilai (PPN) pada kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Medan
Petisah. penelitian yang telah dilaksanakan memilik hasil (1) tingkat kepatuhan
oleh wajib pajak pada tahun periode (2017 sampai dengan 2019) memilki tingkat
kepatuhan yang cukup efektif sesuai dengan data penelitian yang telah penulis
lakukan. (2) system e-billing memiliki pengaruh yang positif terhadapa wajib
pajak atas pembayaran pajak. Dari hasil wawancara yang telah yang dilakukan
kepada beberapa wajib pajak wajib pajak merasa sangat terbantu karena dimana
pembayaran dilakukan mengunakan akses internet tanpa harus menghabiskan
banyak waktu dalam melakukan pembayaran pajak. Selain dengan dengan itu
wajib pajak juga dapat dapat mengakses e-billing dimana pun dan kapanpun
dengan mudah. Akan tetapi selain e-billing mempunyai kelebihan yang sangat
membantu, e-biling tidak luput juga dengan kekurangan, antara lain yang menjadi
kekurang e-billing ialah, harus terhubung dengan internet yang stabil yang dimana
koneksi intenet merupakan salah satu hal penting untuk pengaksesan e-billing.
Selain dengan koneksi internet server DJP online juga dinilai perlu perbaikan agar
tidak sering terjadinya error server.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-billing, Kepatuhan Wajib Pajak |
Divisions: | |
Depositing User: | Unnamed user with email wahyu@pancabudi.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:01 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/958 |