Venita, Diska Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dodol Ria Tanjung Pura Langkat.
DISKA VENITA.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Judul penelitian yaitu “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dodol Ria Tanjung Pura Langkat”.
Fenomena masalah pada penelitian ini yaitu banyak wirausaha yang menjual
dodol sejenis yang hampir sama dengan yang dijual oleh Dodol Ria sehingga
konsumen lebih tertarik pada harga dodol yang lebih murah dan mengakibatkan
perang harga antara sesama penjual dodol di wilayah Tanjung Pura. Dodol Ria
belum maksimal dalam mempromosikan produknya keluar daerah, sehingga
menyebabkan penjualan hanya berpatokan pada pengunjung yang datang ke toko
saja. Kualitas produk yang dimilki oleh Dodol Ria sudah cukup baik, namun
masih kurang dalam pengemasannya, sehingga hal inilah yang dapat membuat
dodol tidak dapat bertahan sesuai dengan waktu kadaluarsanya.Konsumen
biasannya akan membeli dodol yang terjangkau dan terdekat sehingga
menyebabkan Dodol Ria tadi belum menjadi acuan membeli dodol oleh para
konsumen diluar daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui
lebih jelas bagaimana harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian konsumen studi kasus Dodol Ria Tanjung Pura Langkat. Pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner/angket pada 94 orang sampel
responden. Model analisis dengan regresi linier berganda dan data diolah dengan
program SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dodol Ria di
Tanjung Pura, hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t
yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 9,166 dengan sig 0,000. Promosi
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dodol Ria
hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda
positif dengan nilai thitung sebesar 1,763 dengan sig 0,081. Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dodol Ria di
Tanjung Pura hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang
bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 3,592 dengan sig 0,00. Uji simultan
menunjukkan bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi penelitian
sebesar 79,06% keputusan pembelian dapat diperoleh dan dijelaskan oleh harga,
promosi dan kualitas produk sedangkan sisanya 19,04% dijelaskan oleh faktor
lain atau variabel diluar model penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Unnamed user with email widya@pancabudi.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:05 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:05 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/961 |